Carilah salah satu laporan keuangan yang lengkap dari perusahaan mana saja, liat dan pelajari. Menganalisis laporan keuangan neraca, arus kas, laba rugi, perubahan modal, dan catatan laporan keuangan
TUGAS INDIVIDU ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
Nama : Roihadzan
Npm
: 201961201195
Jurusan
: Manajemen
Angkatan
: 2019
Semeter : 6 (Enam)
Matakuliah : Analisis Laporan Keuangan
Dosen : Bpk
Apolinaris S. Awotkay, SE., MM
Kelas : C
Waktu : 08.00-10.30
Ruangan : 1.D/1.5 BNI
(Tugas : 09-03-22
Dikerjakan & Dikumpul : 09-03-22
Batas Kumpul : 13-03-33 di Email: apolinarisaworkay@unmus.ac.id)
Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu
perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk
menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.
Laporan keuangan adalah berkas pencatatan uang, di mana
laporan berisikan segala macam transaksi yang melibatkan uang, baik transaksi
pembelian maupun penjualan dan kredit. Laporan ini dibuat dalam periode
tertentu, contohnya setiap bulan atau setiap satu tahun. Tergantung kebijakan
perusahaan masing-masing.
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu
perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk
menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan merupakan bagian
dari proses pelaporan keuangan dimana biasanya sering dilakukan audit oleh
lembaga pemerintah, akuntan, firma, atau lembaga lainnya dengan tujuan untuk
memastikan akurasi dan untuk tujuan pajak, pembiayaan, atau investasi.
Fungsi Laporan Keuangan
Laporan keuangan dibuat untuk fungsi tertentu. Yang jelas
sebagai sarana untuk menentukan kebijakan pimpinan terkait perusahaan di
periode selanjutnya. Berikut ini akan dijelaskan fungsi yang lebih lengkap:
- Untuk Menilai Kondisi Usaha
Seluruh laporan ini berguna sebagai penilai kondisi
usaha. Maksudnya jika dari catatan keuangan terlalu banyak kerugian, berarti
perusahaan sedang mengalami kemunduran.
Sebaliknya jika di dalam laporan tersebut banyak data
profit, berarti usaha sedang berkembang. Dengan penilaian ini tentu pihak
pimpinan bisa menentukan sikap melanjutkan usaha atau malah menutupnya karena
kerugian usaha yang kronis.
- Sebagai Bahan Evaluasi
Laporan keuangan diperlukan untuk bahan evaluasi. Bisa
dipastikan jika tidak ada laporan tersebut, evaluasi yang dilakukan tidak akan
maksimal bahkan seperti melakukan hal yang sia-sia.
Seluruh laporan ini adalah parameter evaluasi untuk
menjelaskan permasalahan dan solusinya. Jika terjadi kemunduran perusahaan,
maka bisa ditentukan apa penyebab kemunduran tersebut dan bagaimana jalan
keluarnya.
Jika evaluasi ini berjalan maksimal, tentu kebijakan selanjutnya lebih mudah. Karena sudah ditemukan penyebab masalahnya dan solusi terbaiknya. Maka evaluasi yang dilakukan pada periode selanjutnya diharapkan untuk menuntaskan masalah agar tidak terulang lagi.
- Bentuk Pertanggungjawaban Perusahaan
Laporan keuangan juga berfungsi sebagai pertanggungjawaban perusahaan. Baik kepada investor maupun kepada pemerintah yang terkait dengan pajak dan lain sebagainya.
Jenis Laporan Keuangan
- Neraca
Neraca adalah bagian dari laporan keuangan dari entitas
bisnis atau perusahaan yang mencatat informasi tentang aset, kewajiban, dan
ekuitas pemegang saham pada waktu tertentu.
Unsurnya
Unsur-unsur umum dari neraca adalah aktiva, kewajiban dan
ekuitas. Klasifikasi utama dalam neraca pada sisi aktiva adalah aktiva lancar,
investasi jangka panjang, property, pabrik dan peralatan, aktiva tidak berwujud
dan aktiva lainnya.
- Arus Kas
Arus kas atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama
Cash Flow adalah kenaikan atau penurunan jumlah uang yang dimiliki bisnis,
institusi, atau individu. Di bidang keuangan, istilah ini digunakan untuk
menggambarkan jumlah uang tunai (mata uang) yang dihasilkan atau dikonsumsi
dalam periode waktu tertentu.
Unsurnya
Unsur-unsur laporan arus kas biasanya terdiri dari aktivitas operasi, ektivitas investasi, dan aktivitas pembiayaan. Aktivitas operasi adalah berbagai aktifitas perusahaan mengenai aliran kas (masuk maupun keluar) yang berhubungan dengan aktivitas operasional perusahaan dalam satu periode tertentu.
- Laba Rugi
Pendapatan (Revenue): Hasil penjualan dari bisnis yang
dilakukan. Beban (Expense): Jumlah pengeluaran yang dilakukan dalam satu
periode. Keuntungan (Profit): Laba bersih yang bisa didapatkan dalam bisnis.
Kerugian (Loss): Berkurangnya pendapatan karena produk tidak laku dsb.
Unsurnya
Pendapatan (revenue) Unsur laporan laba rugi ini adalah
peningkatan aktiva atau arus masuk perusahaan yang dihasilkan dari kegiatan
operasional.
·
Beban
(expenses)
·
Keuntungan
(profit)
·
Kerugian
(loss)
- Perubahan Modal
Laporan perubahan modal atau ekuitas adalah laporan
keuangan yang dihasilkan perusahaan untuk menggambarkan peningkatan atau
penurunan aktiva bersih dan kekayaan selama periode tertentu.
Unsurnya
Unsur-Unsur dalam Laporan Perubahan Modal Data
prive, merupakan penarikan sejumlah modal oleh direktur atau pihak penanam
modal lain untuk keperluan lain di luar kegiatan usaha utama perusahaan.
Penambahan modal, merupakan selisih antara laba bersih dan prive. Hasil akhir.
- Catatan Atas Laporan Keuangan
Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) menyajikan informasi
tentang penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang
disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran dan Neraca.
Unsurnya
Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) adalah salah satu
unsur laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang penjelasan atau daftar
terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan
Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Laporan Arus Kas (LAK) dalam rangka
pengungkapan yang memadai.
Post a Comment for "Carilah salah satu laporan keuangan yang lengkap dari perusahaan mana saja, liat dan pelajari. Menganalisis laporan keuangan neraca, arus kas, laba rugi, perubahan modal, dan catatan laporan keuangan"